Jumat, 13 Januari 2023

Tantangan S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB)

Hallo ges... balik lagi nih di blog gue seputaran tentang pendidikan S2 di IPB, kali ini gue mau cerita komitmen dan tangan apa aja sih kalau sudah diterima di IPB??? kayaknya ini agak seram dan menantang sih jangan kaget ya ges wkwk. Setelah proses pendaftaran dan verifikasi selesai tahap terakhir adalah pendatanganan surat pernyataan kurang lebih isinya gini :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya bersedia: 

1. Mematuhi semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di Institut Pertanian Bogor. 

2. Menerima konsekuensi untuk dikeluarkan dari Sekolah Pascasarjana IPB jika, antara lain : 

a. (i) Bagi Program Magister (S2) tidak mampu memenuhi pencapaian NMR > 3.00 pada semester I (bagi yang berstatus percobaan) atau pada dua semester pertama (bagi yang berstatus biasa). 

(ii) Bagi Program Doktor (S3) tidak mampu memenuhi pencapaian NMR > 3.25 pada semester I (bagi yang berstatus percobaan) atau pada dua semester pertama (bagi yang berstatus biasa). 

b. Tidak aktif selama 2 (dua) semester berturut-turut. 

c. Melampaui batas masa studi : 

(i) Program Magister, paling lama 3,5 (tiga setengah) tahun akademik dan dapat diperpanjang 2 (dua) x 3 (tiga) bulan jika memenuhi semua ketentuan tahapan evaluasi kemajuan studi 

(ii) Program Doktor (S3), paling lama 5 (lima) tahun akademik, dan dapat diperpanjang 2 (dua) x 3 (tiga) bulan jika memenuhi ketentuan 

d. Dikemudian hari dijumpai ketidakbenaran dalam dokumen yang telah saya lampirkan selama ini. 

3. Menjunjung tinggi etika akademik dan norma kehidupan kampus serta menempatkan kehormatan diri di atas segala tujuan dan kepentingan apapun, dan bersedia menerima sanksi apabila melanggar ketentuan tersebut. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sadar tanpa paksaan pihak manapun. Apabila saya melakukan pelanggaran dan pengingkaran atas pernyataan ini maka segala sanksi akan saya terima dengan penuh tanggungjawab. 

Pernyataan ini nanti di tanda tangani oleh kita bermaterai dan di tanda tangani pihak kampus ya ges, nah jadi itu komitmen dan tantangan jika ingin melanjutkan kuliah di IPB. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan sebagai informasi untuk kalian ya ges.. draf PDF surat pernyataan klik di sini ya ges : Surat Pernyataan

Menurut aku si ya kalau kalian memang niat dalam menuntut ilmu untuk tantangan ini insya Allah bisa ko dilaluin, semangat aja intinya dan selalu berdoa sama Allah. Good luck ges...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum ke Bogor IPB University

Halo guys balik lagi nih di blog aku, jadi kali ini aku mau cerita terkait hal apa saja yang perlu teman-teman perhatikan saat mau pergi ke ...